Thursday, October 2, 2014

5 CMS Terbaik Untuk Membangun Toko Online

Toko online di Indonesia udah menjamur ya gan, nah buat bikin toko online yang fiturnya lengkap itu gag perlu nyewa developer web, kita bisa pakai CMS (Content Management System) buat bikin webnya dengan mudah. Tulisan ane kali ini nyoba bahas CMS apa aja yang bagus buat bikin toko online. Semoga gag reepost ya gan.

Macam-macam CMS:

1. Business Catalyst 
Business Catalyst memungkinkan Anda untuk membangun toko online (E-Commerce) mulai dari ukuran kecil sampai menengah. Setelah Anda mendaftar, Anda akan mendapatkan software (CMS) yang memiliki kelebihan seperti jumpstart blog, shopping cart, dan forum. Anda juga akan dapat dengan mudah untuk memahami analisis yang memungkinkan Anda melacak pengunjung situs web dan aktivitas pelanggan. User interface dari CMS ini sederhana dan ringkas. Pada Business Catalyst juga menawarkan dukungan yang besar melalui telepon, email, atau live chat.


2. Magento
Magento merupakan platform E-Commerce open source dengan
pertumbuhan tercepat di pasar karena memiliki banyak fitur yang mudah untuk digunakan. CMS ini memudahkan Anda dalam mendesain toko online. Selain itu, aplikasi CMS ini juga merupakan sebuah platform E-Commerce yang sangat fleksibel sehingga memungkinkan Anda mengelola beberapa situs Web dan mengintegrasikan Google Website Optimizer dan lebih dari 50 payment gateways.


3. PrestaShop
PrestaShop adalah aplikasi CMS gratis dan open source yang memberikan berbagai fitur seperti kontrol penuh dari inventaris Anda, pesanan, pengiriman dan pelacakan sehingga memungkinkan Anda untuk mengelola bisnis Anda secara real-time. Platform ini memiliki alat editing WYSIWYG untuk produk Anda dan mengelola gambar. Toko online Anda dapat disesuaikan setiap saat, menerima pembayaran paypai, dan mengelola customer based subscriptions. PrestaShop dapat mengirimkan pembayaran langsung ke rekening bank Anda, atau akun paypai Anda.


4. OpenCart
Admin area dari OpenCart memiliki antarmuka pengguna yang dirancang dengan baik untuk situs tokonline Anda. Ketika Anda pertama kali mulai menggunakan E-Commerce platform ini Anda diberi tata letak disesuaikan yang memberikan produk Anda jumlah yang cukup. OpenCart memungkinkan Anda mengambil kontrol penuh dari fitur pengiriman Anda dan kemampuan untuk mengambil kupon. Anda dapat menggunakan kode kupon sebagai cara yang insentif untuk berhubungan dengan pelanggan Anda.


5. osCSS
osCSS merupakan sebuah aplikasi belanja php E-Commerce yang dibangun pada kode GPL Oscommerce. Ini tersedia untuk di download gratis dan distribusi. Palatform osCSS ini sesuai dengan standar web saat ini dengan menggunakan XHTML 1.1 sebagai bahasa mark-up. Meskipun osCSS bukan yang paling popular, CMS ini dapat membantu membangun toko online Anda dengan mudah.


 

Tips Agar Pengunjung Betah Berlama-Lama di Situs Anda

Bagi kalian yang biasanya nge-blogging, info ini sangat bermanfaat bagi Anda para blogger untuk baca. Lumayan ilmu untuk meningkatkan traffic website blog kita.

Setelah membuat website, kemudian memepelajari bagaimana mendapatkan traffic yang tinggi untuk sebuah situs, maka tantangan selanjutnya yang banyak di temukan oleh para webmaster adalah bagaimana membuat supaya betah dan mau berlama lama di situs anda.

Kalau di google analytics parameternya adalah bounce rate, semakin kecil bounce rate berarti visitor semakin lama berada disitus anda dan itu artinya situs anda memiliki kualitas yang baik sehingga membuat mereka betah dan berlama lama.

Untuk membuat pengunjung betah dan mau membaca halaman demi halaman situs tentu ada trik dan tips tersendiri agar hal tersebut bisa di capai, di antaranya adalah :

  1. Membuat design yang menarik adalah salah satu kuncinya, design website yang bagus akan membuat orang merasa nyaman dan betah berlama lama. Manjakan mata pengunjung adalah kuncinya, jika anda tidak paham dan menguasai teknik membuat design website dapat meminta bantuan pada jasa pembuatan website yang sudah berpengalaman.
  2. Berikan content yang informatif dan bermanfaat, anda tentu sering mendengar content is king dan itu memang benar. Dengan content yang bagus akan membuat visitor merasa artikel anda bermanfaat untuk mereka dan munculah keinginan untuk membaca artikel lainnya.
  3. Membuat artikel bersambung, tips ini cocok untuk mereka yang visitor nya masih sedikit dan ingin visitor datang kembali secara berkala. Dengan membuatnya bersambung/berseri pembaca akan penasaran dengan kelanjutan artikel yang anda buat dan membuatnya datang kembali atau membaca artikel sebelumnya.

sumber

    7 kesalahan pada landing page beserta solusi

    64% pelaku pemasaran mengatakan bahwa landing page adalah hal yang tepat untuk melakukan tes pada efektivitas website Anda

    68% usaha B2B (business to business) menggunakan landing page untuk mendapatkan peluang bisnis baru

    48% pelaku bisnis membangun landing page baru untuk setiap kampanye iklan

    Meskipun demikian, ada beberapa kesalahan pada landing page yang akan membawa kerugian pada bisnis Anda, yaitu:

    1. Terlalu banyak informasi

    Jika ada terlalu banyak informasi di landing page Anda, pengunjung website akan malas mencari info yang mereka butuhkan dan memilih untuk meninggalkan website Anda.
    Solusi: Masukkan detail informasi yang Anda butuhkan dan relevan saja pada formulir pada landing page. Buat formulir yang mudah dicari dan mudah diisi.

    2. Tidak ada call to action yang spesifik

    Call to action adalah pernyataan atau tanda yang menarik calon konsumen untuk melakukan sesuatu, misalnya untuk melakukan pembelian maupun mengisi formulir kontak . Dalam kenyataannya, 48% landing page tidak memberikan call to action yang spesifik dan cenderung memberikan penawaran ganda kepada pengunjung website dan ini membuat calon konsumen menjadi bingung.

    Solusi: Buatlah dengan sederhana dan hanya memberikan satu penawaran. Buat call to action mudah untuk dicari, dipaham dan diisi.

    3. Terlalu banyak teks

    Terlalu banyak teks dalam landing page sangatlah membingungkan. Calon konsumen mungkin malah jadi tidak paham apa yang sedang ditawarkan. Kalau mereka tidak paham, maka mereka akan meninggalkan halaman tersebut.

    Solusi: Gunakan sistem bullet untuk menjelaskan poin-poin. Gunakan cetakan BOLD untuk menarik perhatian. Beri highlight pada penawaran penting barang/jasa Anda.

    4. Headline tidak kuat
    Headline atau judul landing page harus kuat; tidak boleh terlalu umum dan membosankan. Headline seharusnya menyapa calon konsumen dan menjelaskan poin penting yang harus mereka ketahui.

    Solusi: Pastikan headline sesuai dengan konten yang dibuat. Headline harus spesifik dan menjelaskan informasi yang dibutuhkan calon konsumen, namun tidak boleh terlalu panjang.


     
    5. Loading landing page terlalu lama


    40% pengguna internet akan meninggalkan website yang membutuhkan lebih dari 3 menit untuk dibuka. 79% calon pembeli tidak akan melakukan pembelian pada website yang mengecewakan pada saat mereka akan membukanya.

    Solusi: Buang yang tidak penting! Hindari penggunaan tulisan dan gambar yang tidak perlu. Lakukan tes untuk membuka halaman tersebut dengan perangkat yang berbeda (PC, telepon selular dan komputer tablet.


    6. Tidak melakukan tes pada landing page
    Tidak banyak orang yang melakukan tes pada landing page, sehingga tidak ada peningkatan sehingga landing page tidak berfungsi maksimal.

    Solusi: Lakukan tes pada beberapa landing page yang Anda buat. Pertahankan yang memiliki hasil yang baik. Lakukan tes dengan menggunakan gaya bahasa, desain artistik, dan ide yang berbeda, lalu cek mana yang lebih mendatangkan manfaat. Jangan berhenti melakukan tes agar Anda mendapatkan formula landing page yang paling cocok untuk calon konsumen Anda.

    7. Website tidak memiliki kredibilitas
    68% calon konsumen mempercayai ulasan sebuah barang/jasa baik pada sisi baik maupun buruknya. Konsumen tidak menyukai website yang mempromosikan barang/jasa dengan terlalu berlebihan.

    Solusi: Tambahkan testimonial yang jujur. Tambahkan tanda “Trust Badge”. Jangan berikan keterangan yang berlebihan mengenai produk/layanan Anda, dan pastikan Anda menampilkan syarat dan ketentuan yang berkaitan dengan produk/layanan yang Anda tawarkan guna meraih dan menjaga kepercayaan pelanggan Anda jika terjadi keluhan.



    3 Jenis Hosting

      Saat kita ingin meluncurkan atau re-launching website yang kita miliki, ada sebuah perbedaan antar menyewa dan membeli sebuah layanan hosting yang nantinya akan digunakan untuk menampung data dari website kita. Karena website kita akan berjalan dengan baik ketika sudah dilengkapi dengan hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Karena website seperti blog pribadi, website sekolah, website company profile, website organisasi dan website toko online sangat berbeda kebutuhannya. Sehingga kita harus benar dalam menentukan pilihan terhadap hosting tersebut.

    Ada kalanya kita menyewa sebuah hosting untuk website kita. Yang berarti bahwa website kita hidup dan bergantung pada sebuah perusahaan web hosting yang menyediakan hosting tersebut, bukan pada komputer atau server yang kita miliki sendiri. Hal semacam ini dikenal sebagai “Shared Hosting”, yang artinya website Anda akan menggunakan hosting dalam satu server yang memiliki ruang untuk hosting dari website lain. Dalam Shared hosting ini urusan kehandalan, keamanan dan kinerja serta harga masih terbilang murah. Sehingga sangat cocok untuk website pribadi ataupun website seperti toko online yang masih sangat kecil.

    Namun saat kita ingin memiliki ruang gerak atau aktifitas yang lebih besar dari hanya sekedar 1 ruang untuk berbagi banyak tempat, kita bisa menggunakan VPS atau Virtual Private Server atau Dedicated Server. Dalam hal ini Anda akan mendapatkan 1 komputer atau server tunggal untuk website pribadi Anda. Teknologi seperti ini sangat cocok digunakan untuk website yang dimiliki oleh sebuah perusahaan besar yang ingin memiliki tempatnya sendiri dan terlihat lebih profesional.

    1. Shared Hosting
     Shared hosting adalah sebuah layanan hosting yang disediakan dengan harga yang relatif murah dari VPS dan juga Dedicated Hosting. Disini Anda akan merasa seperti memiliki sebuah unik apartement di dalam sebuah gedung apartement. Itu artinya segala fasilitas yang Anda gunakan akan dibatasi, karena harus dibagi dengan penghuni apartement lainnya. Jadi, ketika salah satu tetangga Anda memiliki tingkat lalu lintas yang sangat tinggi dalam penggunaan daya dari apartement tersebut, maka bisa dipastikan Anda dan penghuni lain akan mengalami kendala atau website Anda akan lambat dari yang lainnya. Jadi apa yang akan terjadi pada satu hosting akan berpengaruh terhadap keseluruhan hosting dalam satu server.

    Dalam satu server biasanya diisi lebih dari 10 atau bahkan bisa mencapai ratusan akun hosting dan website. Sekalipun setiap akun akan dipisahkan dari akun hosting yang lain, namun bukan berarti shared hosting yang digunakan terbebas dari serangan kejahatan internet. Ini semua tergantung dari provider yang menyediakan shared hosting tersebut, apakah mereka update dan selalu melakukan cek rutin terhadap tingkat keamanan shared hostingnya atau tidak.

    Namun jangan khawatir, karena shared hosting juga memiliki kelebihan lain selain harganya yang relatif terjangkau. Dari segi manajemen hosting akan sangat mudah untuk dikerjakan, terlebih saat Anda sudah memiliki hak akses terhadap cPanel hosting Anda.

    2. VPS
     Jika Shared Hosting diibaratkan dengan sebuah hunian apartement, maka jika VPS adalah sebuah hunian perumahan di daerah perkotaan yang sangat padat. VPS memiliki kelebihan yang besar dibandingkan dengan shared hosting biasa. Karena Anda akan mendapatkan kontrol lebih pada VPS yang Anda beli dari provider hosting. Anda memiliki kendali dan bebas melakukan hampir segalanya pada rumah Anda sendiri. Anda bisa memasang operating system dan aplikasi yang berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika dibandingkan dengan Shared Hosting, maka Anda akan dibatasi pada setiap account yang terdaftar. Andapun bebas menentukan konfigurasi VPS, bahkan jika diperlukan, Anda bisa re-install OS atau reboot VPS milik Anda sendiri.

    Karena kebebasan yang bisa kita lakukan pada Virtual Private Server pribadi, kita diharuskan memiliki keterampilan khusus saat hendak mengoperasikan VPS tersebut. Tidak seperti hosting pada Shared Hosting biasa, penggunaa VPS wajib memahami bagaimana cara administrasi server yang baik. Untuk harga sendiri, VPS memang memiliki harga yang sedikit lebih mahal daripada Shared Hosting.

    3. Dedicated Server  


     Rumah besar diatas perbukitan adalah gambaran yang akan Anda dapatkan jika Anda memilih Dedicated Server untuk website Anda. Anda akan memiliki banyak kebebasan dan keleluasaan untuk melakukan banyak hal di dalamnya, karena Anda tidak bergantung kepada siapapun. Anda bisa menginstall aplikasi apapun di dalam Dedicated Server ini, tanpa mengganggu siapapun di dalamnya. Dedicated Server adalah solusi bagi Shared Hosting dan juga VPS yang tidak dapat menjalankan aplikasi berat. Dalam Dedicated Server Anda akan memiliki resource CPU dan bandwidth Anda sendiri, sehingga Anda bebas untuk melakukan apapun pada server pribadi Anda ini. Biasanya orang yang menggunakan Dedicated Server ini adalah mereka yang mengelola sebuah perusahaan yang menggunakan website dengan tarffic tinggi dan juga menjalankan banyak aplikasi yang memakan banyak resource.

    Dengan Dedicated Server, Anda bahkan bisa merasa bahwa rumah Anda adalah istana Anda. Kelebihan yang akan didapatkan sangat sesuai dengan harga yang harus dibayarkan nantinya. Dedicated server memiliki harga yang jauh lebih mahal dari VPS, terlebih dari Shared Hosting biasa. Setiap pengguna Dedicated Server juga harus mengetahui tentang hardware, software, OS, networking, jaringan internet dan lain sebagainya. Untuk perusahaan yang besar, tentu tidak akan bingung memilih Shared Hosting, VPS ataupun Dedicated Hosting. Karena keamanan data dan kelancaran proses kerja adalah yang paling utama mereka penuhi. Dengan harga yang mahal tentu tidak akan jadi masalah ketika mereka harus membeli sebuah keamanan data bagi perusahaan.

    10 Tips Cara Memilih Nama Domain

    Memilih nama domain  itu membutuhkan banyak pemikiran dan pertimbangan. Karena nama domain yang dipilih adalah identitas Anda di dunia online. Tentunya Anda ingin memastikan nama domain yang cocok untuk bisnis Anda, dan  juga mudah untuk ditemukan search engine. Sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut untuk membantu Anda mendapatkan nama domain yang sempurna:
    Permudah Ejaannya
    Mencari nama domain yang mudah untuk diketikkan sangat penting untuk sukses secara online. Jika Anda menggunakan bahasa gaul atau kata-kata dengan beberapa ejaan (express vs xpress), mungkin akan lebih sulit bagi pelanggan untuk menemukan situs Anda.
    Nama Yang Simpel
    Jika nama domain Anda panjang dan rumit, sangat berisiko pelanggan salah ketik atau salah mengeja nama domain  anda. Pendek dan sederhana adalah pilihan yang sempurna.
    Gunakan Kata Kunci
    Coba gunakan kata kunci yang menjelaskan bisnis Anda dan layanan yang Anda tawarkan. Sebagai contoh, jika Anda punya bisnis alat kesehatan, bisa menggunakan nama domain AlatKesehatan.com. Sertakan kata kunci yang orang masukkan ketika mencari produk atau jasa yang dicari. Ini membantu meningkatkan peringkat web anda di search engine dan lebih mudah diingat untuk pelanggan anda.
    Sesuaikan Dengan Target
    Jika bisnis Anda masih dalam skala lokal, pertimbangkan untuk memasukkan nama kota atau daerah sebagai nama domain . Kenapa? supaya membuatnya lebih mudah bagi pelanggan lokal untuk menemukan dan mengingatnya.
    Hindari Angka dan Tanda Hubung
    Angka dan tanda hubung sering kali disalah artikan. Misalnya, orang yang mendengar alamat web Anda tidak tahu apakah menggunakan angka (5) atau itu tertulis (lima). Bisa saja pelanggan anda lupa akan hal ini.
    Jadilah Memorable
    Ada jutaan nama domain di luar sana, sehingga memiliki nama domain yang catchy dan mudah diingat adalah penting. Setelah Anda memilih sebuah nama, coba tanyakan kepada teman-temanmu untuk memastikan apakah kedengarannya menarik dan masuk akal. Bila anda memiliki ide yg unik untuk sebuah nama domain, segera saja daftarkan nama itu sebelum orang lain di luar sana memakainya.
    Teliti Kembali
    Pastikan nama domain yang sudah anda pilih tidak bermerek dagang, hak cipta atau sudah digunakan oleh pihak lain. Ini bisa mengakibatkan kekacauan hukum besar yang bisa menghabiskan banyak biaya, karena melanggar merk dagang atau hak cipta orang lain.
    Gunakan Ekstensi Domain Yang Tepat
    Ekstensi adalah akhiran, seperti COM atau NET pada akhir alamat Web. Ekstensi ini memiliki kegunaan tertentu, jadi pastikan anda memilih satu yang tepat untuk bisnis Anda. COM adalah ekstensi  yang paling populer, tapi di sini ada beberapa ekstensi top lainnya dan bagaimana ekstensi ini sering digunakan :
    co:  singkatan untuk perusahaan, perdagangan, dan masyarakat
    info:  situs informasi
    Net:  teknis, situs infrastruktur Internet
    Org:  organisasi non-komersial dan non-profit
    Biz:  bisnis atau komersial,  seperti situs e-commerce
    me:  blog, resume atau situs pribadi dll
    Tips :  Anda tidak perlu membangun sebuah website untuk setiap domain. Cukup mem’fordward’  domain tambahan ke situs web utama Anda.
    Lindungi dan Bangun Brand Anda
    Untuk melindungi merek bisnis, mungkin anda perlu membeli beberapa ekstensi domain, serta versi salah eja nama domain Anda. Hal ini untuk mencegah pesaing mendaftarkan versi lain dari nama domain anda. Dan pastikan pengunjung web Anda diarahkan ke situs web Anda, meskipun mereka salah ketik nama domainnya.  Seperti google. com yang memiliki beberapa domain salah eja yang tetap menuju ke web utamanya.
    Segera Dapatkan Domainmu
    Nama domain cepat laku. Dan harganya  juga murah, jadi daftarkan nama domain favorit Anda sesegera mungkin. Sebelum orang lain memakainya. Jika Anda mengalami kesulitan menemukan nama yang tersedia, sebaiknya siapkan juga nama alternatif selama pencarian untuk  menemukan nama domain yang sempurna.
    Sekian semoga tips 10 Cara memilih nama domain   ini bisa bermanfaat dan jika Anda membutuhkan domain murah dengan support layanan terbaik jangan lupa untuk berkunjung ke

    thank to

    Cara mengetahui registrar domain yang baik


    Dalam penjualan domain ada beberapa istilah yang kamu perlu tahu sebelum melangkah lebih jauh lagi. Kamu harus mengetahui apa perbedaan antara registry, registrar dan registrant.

    Registry adalah sebuah organisasi yang mengelola nama domain top-level. Membuat ekstensi nama domain, menetapkan aturan untuk nama domain, dan bekerja dengan pendaftar untuk menjual nama domain kepada publik. Misalnya, ICANN mengelola pendaftaran nama domain .com beserta domain name server (DNS).

    Registrar Domain adalah organisasi terakreditasi, yang menjual nama domain kepada publik. Beberapa memiliki kemampuan untuk menjual nama domain tingkat atas (TLD) seperti .Com, .Net dan .Org atau nama domain kode-negara tingkat atas (ccTLD) seperti co.id, web.id, biz.id dsb.

    Registrant adalah orang atau perusahaan yang mendaftarkan nama domain. Bila Anda mendaftar nama domain, Anda menjadi registrant/ pendaftar.

    Cara mengetahui registrar domain Indonesia yang baik:1.Akreditasi ICANN : pastikan sebuah registrar sudah mendapatkan akreditasi dari ICANN. Beberapa registrar biasanya menyebutkan hal ini pada website mereka untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen.

    2.Harga: Periksalah semua detail harga yang ditawarkan. Mulai dari pembelian hingga renewal / perpanjangan. Beberapa perusahaan menawarkan harga yang murah saat pendaftaran, namun biaya renewalnya sangat tinggi. Ini merupakan jebakan yang patut anda hindari.

    3.Pengaturan DNS gratis: jika anda ingin mengarahkan domain pada hosting tertentu, maka anda perlu melakukan setting pada nameservernya. Beberapa mengenakan biaya dalam proses ini. Registrar tidak seharusnya membebankan biaya untuk fitur yang semacam ini. Jika anda menemukan registrar yang meminta ongkos untuk setting nameserver, sebaiknya anda segera angkat kaki dari registrar tersebut.

    4.Tranfer Domain: tidak dipersulit saat ingin transfer domain

    5.Forwarding gratis: ini juga fitur yang semestinya gratis pada sebuah registrar.

    6.Memiliki pengaturan privasi: fitur ini tidak selalu gratis pada sebuah registrar. Namun karena fungsinya yang vital, jadi tidak masalah jika ada registrar yang mengenakan biaya tambahan untuk fitur proteksi yang satu ini. Ini adalah menu yang wajib ada pada sebuah registrar.

    7.Peringatan expired / kadaluarsa dan perpanjangan / auto-renew otomatis: registrar anda seharusnya mengirimkan notifikasi jika ada domain yang mendekati masa kadaluarsa. Dan juga sebaiknya mereka menyediakan fitur perpanjangan yang otomatis.

    8.Domain locking: fitur ini mencegah orang lain membuat perubahan ilegal pada kepemilikan domain dan juga DNS pada domain anda. Saat ini fitur domain locking sudah disediakan di hampir semua registrar besar.

    oke moga bermanfaat buat yang mau daftar domain dan hosting.